Pages

 

Monday 1 January 2018

Biji & Bibit Terbaik Tanaman Gaharu

0 comments

Biji Tanaman Gaharu,
Biji Tanaman gaharu merupakan biji berwarna hitam berkulit kuning dari pohon penghasil gaharu yang sudah berumur minimal 8 tahun. Isi biji gaharu terdiri dari 3 siung dan terlihat merekah jika sudah siap tanam atau semai. Biji gaharu yang berkualitas bukan biji yang dipetik dari pohon mengunakan tangan manusia karena, biji yang baik adalah biji yang sudah tuah dan jatuh secara alami dari tangkai biji pohon gaharu


Jika biji dipetik besar kemungkinan biji gaharu tersebut belum tua meski warna kulit sudah berubah warna emas kekuning-kuningan. Biji gaharu yang sudah tua dan layak semai adalah biji yang sudah merekah dan jatuh dari pohon. Ada pertanyaan di benak kita?? ” Bagai mana cara mengumpulkannya biji tersebut, kalo ditanah kan sulit dan tidak kelihatan apa lagi bawahnya rumput dan belukar??? Cara yang paling tepat adalah dengan memasang paranet terbentang dibawah pohon gaharu yang sedang berbuah dan sudah menguning, secara otomatis biji gaharu yang sudah pecah dan tua akan jatuh saat terlepas dari tangkai. Mudah kan….he…he…akan tetapi biji gaharu yang sudah siap semai tidak tahan terhadap cendawan atau jamur, sehingga biji yang sudah siap semai benar-benar kering.
Sebagai mana di ketahui dipasaran banyak tersedia biji gaharu yang dijual amat murah. Anda harus berhati-hati karena dari sekian banyak penjual biji beberapa dari mereka menjual biji gaharu yang tidak menggunakan standar budidaya.
Artinya biji gaharu tersebut hasil glubalnya tidak laku dipasaran. Masih bagus jika masih bisa hidup, kebanyakan biji gaharu dipasaran merupakan biji hasil petik artinya belum pecah dan belum matang sudah di petik secara paksa oleh petani.Ya..mungkin karena tergiur dengan harga biji gaharu yang cukup mahal dipasaran.

Bibit Tanaman Gaharu
Karena jenis bibit harga tanaman gaharu sangat mempengaruhi kadar resin yang terkandung didalam batang gaharu, lebih tepatnya di dalam inti gubal yang berwarna hitam pekat. Selain itu jenis bibit gaharu juga berpengaruh dengan aroma. Kami sebagai penjual & peneliti bibit gaharu cukup heran saat bertemu dengan buyer. Mereka akan tahu jenis pohonnya hanya dengan mencium oroma glubal yang dihasilkan. Dengan kata lain ciri dari tiap tanaman gaharu itu memang mempunyai cita rasa tersendiri.


Adapun cara perlakuan dalam pembibitan gaharu. Bagaimana cara petani bibit dalam membudidayakan bisa berkualitas dengan harga bibit pohon gaharu yang lebih murah namun memilki keunggulan yang bisa mendongkrak kesuksesan dalam budidaya. Jika anda penyedia pembibitan gaharu, poin ini cukup penting untuk dilakukan dan dilaksanakan dengan seksama, teliti dan cepat tanggap terhadap perkembangan bibit gaharu super. Jenis bibit gaharu dengan harga bibit pohon gaharu yang populer di indonesia : ada beberapa jenis bibit gaharu yang beredar dipasaran bibit gaharu diindonesia antara lain adalah :

  1. Jenis bibit gaharu aquilaria Melaccensis
  2. Gyrinop, jenis ini banyak tumbuh di daerah nusa tenggara barat dan nusa tenggara timur.
  3. Gaharu subtinegara, jenis bibit ini kebanyakan berasal dari thailand. masuk diindonesia kurang lebih 20 tahun yang lalu.
  4. Filaria
  5. Mikrokarpha
  6. Krisana
  7. dan lainnya.
Jenis- jenis Tanaman penghasil gaharu di atas merupakan jenis tanaman penghasil gaharu terbaik, dengan tingkat keharuman gubal (resin) yang cukup wangi. Satu hal yang harus kita pahami tentang Sejatinya Gaharu Super adalah bukan jenis bibit tetapi adalah glubal gaharu yang memiliki kualitas terbaik. Beberapa ciri-ciri gaharu super adalah sebagai berikut
  1. Jenis bibit gaharu aquilaria
  2. Warna  glubal hitam mengkilat
  3. Aroma wangi halus, tanpa bau kayu bakar.
  4. Tengelam dalam air. mengapa demikian ” jika glubal gaharu bisa tengelam air berarti kadar minyak atau resin yang di kandung nya memiliki masa jenis yang sesuai degan minyak gaharu.
Pembibitan Gaharu Terbaik Sesuai Rekomendasi Pemerintah
Salah satu faktor yang sering dilupakan sabagai penentu kesuksesan budidaya GAHARU adalah bibit berkualitas dengan pembibitan organik dengan pupuk non kimiawi terutama saat penyemaian bibit baik berupa biji gaharu ataupun bibit gaharu cabutan. Oleh sebab itu pemerintah mendorong dan merekomendasikan para pelaku pembibitan untuk memperhatikan dalam pembibitan. Memang benar jual bibit gaharu dengan pembibitan organik akan memiliki harga yang lebih mahal dari pada bibit gaharu dengan pembibitan biasa atau dengan pemupukan kimia.

Hal itu sudah sangat wajar karena pembibitan organik membutuhkan waktu yang lebih lama dalam pembibitan dengan biaya yang lebih tinggi pula. "Perlu diketahui dengan pembibitan organik akan menghasilkan Bibit Kayu Gaharu Super  yang sangat berkualitas dan sangat tahan terhadap serangan hama yang mematikan saat penanaman. Tentunya anda sudah banyak mendengar sulitnya menanam salah satu tanaman surga ini, banyak dari penanam yang merugi karena tingkat kematian yang begitu tinggi. Taukan anda salah satu penyebabnya adalah karena bibit yang anda beli kelebihan pupuk kimia saat dalam pembibitan. Meski bibit gaharu kimia lebih terlihat hijau dan mungkin lebih tinggi dan subur, bahkan harga biasa sangat murah namun perlu dipahami itulah faktor yang memiliki resiko besar bagi tanaman gaharu anda. Kebanyakan para pembibit gaharu hanya mengejar kesuburan biar kelihatan hijau dan cepat tinggi agar bisa cepat mendapatkan uang.

Dengan penanganan berbeda akan memberikan hasil yang berbeda pula. ini sudah menjadi hukum alam yang terus terjadi. Ada harga pasti ada kualitas meski tidak ada jaminan seratus persen semua
akan berjalan sesuai dengan impian dan harapan anda.Yang bisa kita lakukan adalah memaksimakan usaha semampu mungkin untuk mendapatkan hasil yang diharapkan. Oleh sebab itu bijaklah dalam memilih harga bibit dan benih (Biji) gaharu. Beberapa keunggulan bibit gaharu dengan pembibitan organik, antara lain :

  1. Terdapat akar tunggang
  2. Bibit berasal dari biji berkualitas
  3. Tahan terhadap serangan hama
  4. Hasil gubalnya lebih mahal
  5. Warna gubal lebih hitam
  6. Gubal lebih wangi
  7. Disukai buyer/pembeli dari luar negeri
Kesimpulannya: Meskipun Tanaman penghasil gaharu ini sudah terbilang langka & nyaris punah akan tetapi pihak kami terus mengembangkan dan membudidayakan jenis tanaman ini. kualitas pembibitan gaharu Indonesia terus mengalami peningkatan dengan sitem pembibitan organik serta tepat sasaran.
Create By :CV.Hijau Lestari Kalimantan

0 comments:

Post a Comment